Menu HTML

.

Selasa, 07 Juni 2016

KETIKA PT. ASURANSI ASTRA CIREBON IKUT PATUNGAN SAHAM TERHADAP ADAPTASI DAN MITIGASI PERUBAHAN IKLIM DI RW 08 MERBABU ASIH KELURAHAN LARANGAN (When ASTRA join MERBABU ASIH on Climate Change Adaptation and Mitigation Program)

Rupanya masyarakat RW 08 Merbabu Asih tak pernah berhenti menyuarakan Pengelolaan lingkungan. Kali ini bersama dengan PT. Asuransi Astra Cirebon. Agenda kelembagaan kami sejalan dengan program Pemerintah Kota Cirebon, dan Pihak PT. Asuransi Astra Cirebon tidak mau terlambat untuk ikut program Pemerintah Kota Cirebon.

Sesuai harapan masyarakat, sasarannya adalah penataan lahan fasum yang dikemas menjadi taman di lokasi Jalan Bali.

Dan…….. Terbukti.

Drs.  Jaja Sulaeman Mpd., 
ASDA Pemkot Cirebon 
dalam pembukaan Taman Asuransi Astra 
Jl. Bali RW 08 Merbabu Asih
Hadir mewakili Walikota Cirebon, yaitu Bapak Drs. Jaja Sulaeman, Mpd. selaku Asda Kota Cirebon, memberikan apresiasi kepada masyarakat  RW 08 Merbabu Asih Kelurahan Larangan dapat meyakinkan pihak PT. Asuransi Astra Cirebon untuk menggulirkan program CSR.

Untuk dapat dipahami, bahwa semua ini tidak semudah membalikan tangan untuk mendapatkan nya. Bukan prestise dari sebuah pergerakan pengelolaan lingkungan semata. Namun doa dan cita-cita luhur RW 08 Merbabu Asih, menjadi sebuah wilayah potensi pembelajaran dan potensi wisata yang dikemas dalam program Kampung Iklim.

Dalam acara tersebut hadir pula Camat Harjamukti Drs. Agus Suherman, SH. MH., Kepala KLH Ir. Agung Sedijono, MSi beserta jajarannya, Lurah Larangan Bapak Bambang Sugito, Kacab Asuransi Astra Cirebon Bapak Iyus Suryaman sekaligus Ketua Group Astra Wilayah III Cirebon beserta jajarannya, Bapak Teguh dari Asuransi Astra Jakarta, Kepala UPTD Puskesmas Perumnas Utara Larangan Bapak Bastian beserta jajarannya, Pihak perwakilan DPUPESDM, perwakilan DKK, 4 tokoh pemuka agama, LKK Kelurahan Larangan, dan masyarakat kami.

Drs. Jaja Sulaeman Mpd., ASDA Pemkot Cirebon
menyerahkan Piagam Penghargaan kepada
Kepala Asuransi Astra Cirebon, Bpk. Iyus Suryaman
Upaya Pemkot Cirebon dalam penataan dan pengelolaan lingkungan harus didukung oleh semua pihak. Bukan hanya pemerintah semata, tetapi  masyarakat luas, akademisi dan dunia usaha. Mari kita sederhana kan: “Jadikan kota kita rumah yang indah, ramah dan asri, sehingga kita selalu ingin cepat pulang dan sampai di rumah”. Lebih jauh lagi, tentunya akan mengundang syahwat kunjungan turis-turis datang ke kota kita. Dan ternyata masyarakat RW 08 Merbabu Asih sudah melakukannya.

Drs. Agus Suherman SH. MH., 
Camat Harjamukti
Drs. Agus Suherman, SH, MH, Camat Harjamukti didampingi Bapak Bambang Sugito, Lurah Larangan  ngajak seluruh stakeholder dan dunia usaha lainnya untuk ikut bareng-bareng bersama pemerintah memberikan perhatian kepada RW - RW di Kota Cirebon yang memiliki inovasi dalam kegiatan pengelolaan lingkungan. Program Kampung Iklim harus sudah menjadi keniscayaan. Bukan karena harus meraih nominasi semata, tetapi harus sudah menjadi kebutuhan untuk terwujud nya sebuah hunian dengan lingkungan yang bersih dan nyaman. Asyik loh hidup di RW 08 Merbabu Asih itu. Pak Camat kita Pro Green berat koq, dan dukungan penuh kegiatan ProKlim. Pak Camat kita ini energic, masih muda dan penuh dengan gagasan – gagasan yang cihuy.

Ir. Agung Sedijono MSi., 
Kepala KLH Kota Cirebon
Satu lagi, orang ini yang kenceng juga menyuarakan tentang pengelolaan lingkungan melalui kegiatan pengelolaan sampah. Namanya Bapak Ir. Agung Sedijono. MSI, saat ini menjabat Kepala KLH Kota Cirebon. Gagasan – gagasan nya yang rasional seringkali kebentur aturan - aturan. Namun nyatanya konsisten melanjutkan Program Kampung Iklim dari pendahulunya dan mengantarkan kampung kami RW 08 Merbabu Asih mendapatkan Trophy Kampung Iklim Tingkat Nasional.

Memang kurang ajar, nyeleneh, RW 08 Merbabu Asih ini.  Hehehe...

Program Kampung Iklim adalah program nasional, suka tidak suka, siap tidak siap, perubahan iklim telah terjadi dan akan selalu terjadi. Kita harus bisa mengendalikan dan menekan segala akibat terjadinya perubahan iklim.

Bpk. Iyus Suryaman dari Asuransi Astra Cirebon
Bapak Iyus Suryaman, Kacab Asuransi Astra Cirebon, sekaligus Ketua Group Astra Wilayah III Cirebon, masih muda, dinamis tentunya, cerdas menyikapi sebuah gagasan masyarakat RW 08 Merbabu Asih. Datang bersama rengrengannya seperti Mas Aji, Mba Yanti, dan staff nya yang lainnya, memberikan support pergerakan yang dilakukan masyarakat RW 08 Merbabu Asih, dan siap untuk program selanjutnya yang memiliki benefit lebih.

Nah loh, makanya kita dituntut istiqomah untuk Program Kampung Iklim ini tanpa harus karena ada lomba atau bentuk kejuaraan.

Pesan kakek : “Berani itu ketika kita tidak menjadi apa-apa, itu jauh lebih mulia”
Maksudnya, dengan menjadi masyarakat biasa pun, ketika melahirkan pemikiran yang baik lalu melakukan perbaikan lingkungan dan bermanfaat bagi orang banyak itu jauh lebih mulia.

Bapak Teguh salah satu petinggi PT. Asuransi Astra Jakarta 
duduk di sebelah Bapak Iyus Suryaman
Pa’ Teguh, begitu dipanggil oleh teman-teman sejawat nya, beliau datang jauh - jauh dari Jakarta. Beliau salah satu petinggi dari PT. Asuransi Astra Jakarta. Tidak henti - henti nya memuji dan kagum akan upaya – upaya yang telah dilakukan masyarakat RW 08 Merbabu Asih. Dari mulai pengelolaan Bank Sampah Secerah Pagi, dengan penataan ruang, dan kagum bagaimana menciptakan harmonisasi di lingkungan yang heterogen banget.

Bagaimana tidak? Di lingkungan pemerintahan paling cilik terdapat berbagai tempat ibadah yang saling berdekatan, dan suku yang beragam. (Paaa’….pa’….. Ya,  aslinya sih penat dan lumayan 

mumet Pak. Pitung tahun lho, memberikan pemahaman NKRI, hidup berbangsa. Mugo-mugo Panjenengan  maringi CSR  nya.... Tambah lagi dan tambah cihuy …!. Setuju ya Pak Teguh..... 

Mohon dimaafkan ya Pak Teguh, masyarakat kami terkadang suka nyeleneh dalam berkarya. 

Masyarakat dan para tokoh masyarakat, serta empat pemuka agama hadir di situ. Sebagai saksi hidup bahwa harmonisasi diciptakan oleh masyarakat kami. Dan Taman Asuransi Astra Cirebon Jalan Bali RW 08 Merbabu Asih, akan menjadi media pemersatu. Masyarakat kami dibingkai oleh Bhineka Tunggal Ika. Di bawah naungan burung Garuda Pancasila dan Sang Saka Merah Putih.

Nasionalisme saat ini ya Cinta Lingkungan, ya Cinta Perdamaian. Asyik tuh…!!!

Perlu saling mengingatkan bahwa : “ Kita hidup berada di lingkungan hidup”

Benar – benar dan sebenar-benar nya bahwa Tuhan Maha Arsitek lho. Diciptakan manusia bersuku-suku bangsa di alam dan lingkungan ini agar saling mengenal.

Matur Thank You juga kepada saudara kami dari Group Astra Wilayah III Cirebon, memberikan santunan kepada warga kami yang masih membutuhkan bantuan. Frame nya bukan bingkai besaran nilai uang, tapi wujud peduli terhadap dunia pendidikan bagi anak-anak.

Sebuah kepantasan yang didapat anak-anak. Karena mereka kelak akan menjadi generasi lingkungan hidup yang telah kami lakukan keilmuan dasar di kegiatan pengelolaan lingkungan. 

Hal yang tidak mengenal batas ruang dan waktu ; "Kemanusiaan dan Lingkungan Hidup"

Paling kiri, yang pake baju putih, 
saat ini adalah Kepala Daerah Tingkat V, 
memimpin pelepasan burung merpati.
Sekarang di sudut Kampung kami, RW 08 Merbabu Asih, tepatnya di Jalan Bali, ada taman yang mungil, dan menambah istagramable, karena lingkungan yang baik dan harmonisasi keragaman.

Semoga peradaban baru kelak hadir di  RW 08 Merbabu Asih, dengan segala venue-venue nya yang dapat bermanfaat bagi orang banyak. Begitu, Bapak H. Sudja, tokoh agama sampaikan dalam doa nya.

Terima kasih kepada para pengurus RT 01 s/d RT 06, kader - kader PKK, Posyandu, Posbindu, DKM, Karang Taruna, Kampung Siaga.

Terima kasih kepada rekan-rekan pelaku kegiatan lingkungan hidup: Om Dani, Mas Agam, Mas Anil, Pa Abu, Mas Erwin, Pa Jamal, Pa Haidir, Wa Gimin, Aloy, Mas Prika, dan seluruh masyarakat RW 08 Merbabu Asih yang baik hati, rajin menabung, menyapu halaman pekarangan, membantu ibu, pujaan nusa dan bangsa.
              
Terima kasih kepada semua pihak, kepada  media cetak dan media elektronik, Radar, KC, Fajar Cirebon, Cirebon Bribin, yang baik hati. Sampaikan pada dunia, bahwa membela dan cinta Tanah Air adalah bagian daripada iman.

Saudara-saudara ku muslim, Selamat Menunaikan Ibadah Puasa. Mohon Maaf Lahir dan Batin.

Tetap Semangat..!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar