Menu HTML

.

Kamis, 14 Oktober 2010

Diklat di hotel bentani cirebon

Pelatihan Pengelolaan sampah rumah tangga yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Kota Cirebon melalui DKK Kota Cirebon, pada tanggal 27 Juli s/d 29 Juli 2010 yang bertempat di Hotel Bentani,
diikuti oleh 2 Kelurahan Kota Cirebon, yaitu Kelurahan Kesenden dan Kelurahan Pekalipan.

Sebagai Narasumber penyajian materi aspek Motivator kegiatan composting dan aspek penghijauan serta pemanfaatan limbah oleh Tim “ SECERAH PAGI ” RW 08 Merbabu Asih Kel. Larangan.

Dalam kegiatan tersebut hadir  pula dan memberikan materi yaitu : dr. Said Fahmi mewakili Kepala Dinas DKK Kota Cirebon, DPLH Jawa Barat dan dari Kelompok “ Sukunan Bersemi “ Yogyakarta.

Tim Motivator dari Kelompok “SECERAH PAGI” adalah : H. Agus Pri, Bu Ida, Bu Dedeh, dan Mas Gun,
sedangkan dari “ Sukunan bersemi “ adalah : Mas Hari.

dr. Said Fahmi dalam penyajiannya : Kita harus pro aktif menjaga kesehatan lingkungan. Lingkungan yang sehat adalah Lingkungan yang kondusif untuk pemukiman yang sehat.

Diharapkan banget pelatihan semacam ini, dapat dilaksanakan di beberapa Kelurahan dan mestinya secara kontinyu. Mengapa Demikian?. Hal tersebut seiring dengan kondisi Bumi kita secara menyeluruh dan khususnya Lingkungan sekitar kita yang semakin hari semakin turun tingkat ke asriannya, sehingga dampak dari Global Warming dan penipisan lapisan ozon sedikit demi sedikit dapat teratasi.

Belum lagi penumpukan sampah di TPA yang semakin hari semakin besar volumenya seiring dengan laju pertambahan penduduk, maka efek domino yang muncul adalah ; kualitas air, tanah, udara dan keamanan serta aspek sosial lingkungan lainnya akan menjadi isu positif dan akan membutuhkan biaya yang tinggi dalam penanganannya nanti.

Mulailah dari lingkungan kecil setingkat RT dan RW untuk melakukan kegiatan pengelolaan sampah rumah tangga. Dan hal tersebut akan menjadi sebuah embrio posistif bagi RW – RW di seluruh kota Cirebon dan seluruh Indonesia.

DPLH Jawa Barat : “ Seorang ibu adalah sekaligus seorang manajer dalam memilah-milah jenis sampah yang dimulai dari rumah”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar